25 Mei 2012

Beda Amin, Aamin, Amiin, Aamiin dan Aaaaammmiiiiinn !!

   Lafaz Aamiin diucapkan di dalam dan di luar sholat, tapi bila cara pembacaannya berbeda, maka akan menimbulkan arti yang lain...
Dalam bahasa arab ada perbedaan kata "AMIN" yaitu...

1. "AMIN" (alif dan mim pendek) mempunyai arti AMAN, TENTRAM.
2. "AAMIN" (alif panjang & mim pendek) mempunyai arti MEMINTA PERLINDUNGAN KEAMANAN.
3. "AMIIN" (alif pendek & mim panjang) mempunyai arti JUJUR TERPERCAYA.
4. "AAMIIN" (alif & mim panjang) mempunyai arti YA TUHAN, KABULKANLAH DOA KAMI.
 
   Banyak saya temuin teman-teman di Facebook yang saya lihat berbeda dalam penulisan Aamiin, ada yang nulis aamin, amiiiin, amien, ameen, bahkan yang saking semangatnya nulis Aaaaaaaaaaammmiiiiiiiiiiiinnnn....!!
Cara membaca Aamiin adalah dengan memanjangkan 'a' (alif) dan memanjangkan 'min', apabila berbeda cara bacanya maka artinya juga beda.


   Lalu bagaimana dengan pengucapan atau penulisan "Amien"?? Naah yang ini lebih baik dihindari, karena ucapan "Amien" yang lazim dilafadzkan oleh penyembah berhala (Paganisme) setelah mereka berdo'a. Ini sesungguhnya berasal dari nama seorang Dewa Matahari mesir Kuno: Amin-Ra (Atau orang Barat menyebutnya Amun-Ra).
Maka marilah kita biasakan menggunakan kaidah bahasa yang benar dan jangan pernah menyepelekan hal yang sebenarnya besar dianggap kecil, kalimat "Aamiin" ini contohnya yang biasa kita sebut di dalam dan di luar sholat.
Bagaimana juga dengan orang yang menulis "AaaaammmiiinnNN" dimana kau mungkin akan mendengarnya juga dari anak-anak yang shalat berjemaah di masjid?
Naah kalo yang ini artikan sendiri karna saya gak tahu artinya...